Siang Ini, 1.269 Wisudawan IKIP Budi Utomo Dikukuhkan

PROSESI: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Budi Utomo Malang (IBU) menggelar wisuda ke 33 sarjana dan pascasarjana, Sabtu 27 Juli 2019.


MALANG – GOR Ken Arok Kota Malang menjadi saksi momen sacral wisuda ke 33 sarjana dan pascasarjana Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Budi Utomo Malang (IBU), siang ini. IBU melepas 1.269 lulusannya berasal dari tujuh program studi S1 dan magister pendidikan olahraga. Jumlahnya 1.257 dan 12 mahasiswa S2. Yang mengikuti yudisium pada periode 18-1 dan 18-2, di tahun akademik 2018/2019.

Rektor IKIP Budi Utomo, Dr H Nurcholis Sunuyeko Msi menjelaskan hal ini menjadi sesuatu yang baru bagi IKIP Budi Utomo. 

‘’Ini memang hal yang baru. Ketika wisuda ke-32, berdekatan waktunya dengan wisuda ke-33. Karena memang yang lulus yudisium, harus segera di wisuda. Jadi tidak perlu ditunda-tunda lagi,’’ ujarnya di sela upacara wisuda yang digelar di Hall GOR Ken Arok Kota Malang siang ini.
Masih di tahun yang sama, IKIP Budi Utomo, telah menggelar wisuda sarjana dan pascasarjana.

Pada 30 Maret lalu dengan melepas sebanyak 1.232 wisudawan-wisudawati. Nurcholis menyebut dengan diadakan wisuda hari ini kurang lebih 50 ribu lulusan telah dipersembahkan IKIP Budi Utomo pada bangsa dan Negara. 

Hal ini menunjukkan eksistensi yang terus dikembangkan IKIP Budi Utomo sebagai institusi pendidikan seiring bergeraknya arus zaman. 

“Dengan bangga kami melepas mereka agar kembali menjalankan tri dharma pendidikan yakni pengabdiannya pada masyarakat. Imbauan saya yang lulus hari ini bisa sukses dan mendapatkan posisi kerja sesuai kompetensinya,” tegas Nurcholis. 

Ia pun menjelaskan ke depan IKIP Budi Utomo akan menuju perubahan yakni pergantian lembaga institusi menjadi universitas. Maka dikatakannya, IKIP Budi Utomo nantinya akan berganti nama menjadi Universitas Budi Utomo.

Hal ini pun menandakan peningkatan kualitas serta sistem pendidikan tinggi swasta yang selama ini dijalankan IKIP Budi Utomo. Dengan harapan semakin banyak lulusan berprestasi dan berkualitas yang dihasilkan. 

“Kita minta doanya, semoga IBU (IKIP Budi Utomo,red) sukses menuju itu. Sekarang persiapannya sudah 70 persen jalan,” tegasnya.

Nurcholis juga menyampaikan di tahun ini pula dan kedepan akan lebih banyak beasiswa yang diberikan pada mahasiswa-mahasiswi IKIP Budi Utomo. Tahun sebelumnya, IKIP Budi Utomo telah memberikan kurang lebih beasiswa kepada 800 mahasiswanya.

Sementara itu untuk wisudawan terbaik dalam wisuda ke – 33 ini diantaranya adalah Anista Vera Duwi Lestari, Mahasiswi dari program studi Pendidikan Biologi. Dengan IPK: 3.96. Disusul Sonya Aprilia Yolanda, dari program studi Pendidikan Bahasa Indonesia, dengan IPK: 3.94. Kemudian Nur Khulaifatur Rosidah, dari program studi Pendidikan Matematika, dengan IPK : 3.93. (ica/oci)
Uploader : slatem
Penulis : ica
Fotografer : Firman