Tak Perlu Khawatir, Kini Calon Mahasiswa Baru IKIP Budi Utomo Malang Bisa Kuliah dari Rumah (12/06/2020)


Rektor IKIP Budi Utomo Malang Dr. Nurcholis Sunuyeko, M.Si
MALANG, SwaraNTT.Net – Akibat pandemi Covid-19 yang melanda Dunia saat ini, IKIP Budi Utomo (IBU) Malang membuka sistem pembelajaran daring atau online demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Hal ini dilakukan sebagai kepatuhan IKIP Budi Utomo Malang atas protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Demikian disampaikan Sekretaris Humas IKIP Budi Utomo Malang, Jasuli, MPd kepada SwaraNtt.Net melalui pesan WhatsApp Jumat, (12/06/2020).

Pembelajaran kata Dia dilakukan dengan mempertimbangkan kenyamanan mahasiswa dari ancaman penularan virus Covid-19. Sebab IKIP Budi Utomo (IBU) Malang lanjutnya, bukan saja berorientasi pada perolehan nilai akademik tetapi juga pada nilai kemanusiaan.

“selama pandemi ini pembelajaran bisa dilakukan secara daring atau online dari tempatnya masing-masing” katanya.
Sementara itu untuk proses pendaftaran kata Jasuli juga dilakukan dengan cara online. Calon Mahasiswa Baru bisa mendaftarkan diri secara online dengan mengakses situs http://maba.budiutomomalang.ac.id


Lebih lanjut Dia menjelaskan saat Calon Mahasiswa mendaftar secara online akan mendapatkan akun siakad. Siakad ini adalah sistem informasi akademik. Hal ini dilakukan untuk menjawab berbagai pertanyaan dan kekhwatiran dari calon Mahasiswa Baru terlebih khusus yang berada dari luar Daerah.

“kebijakan ini keluar karena banyaknya pertanyaan dan kekhawatiran dari para calon mahasiswa baru terutama di luar daerah, untuk mengirimkan anaknya ke Malang sehingga kami bisa meyakinkan bahwa jangan khawatir kuliah tetap bisa dilaksanakan dari rumah begitu” imbuhnya.
Sementara itu rektor IKIP Budi Utomo Malang Dr Nurcholis Sunuyeko, MSi mengatakan mahasiswa belajar dari rumah saja.

“Kalian(mahasiswa baru) belajar dari rumah saja. Biarkan kami yang mengajar secara daring” ungkapnya melalui rilis berita yang diterima SwaraNtt.net
Sistem Pembelajaran Online IKIP Budi Utomo Malang



Hal senada juga disampaikan ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Yulianto Dwi Saputro, SPd., MSc.

“Perkuliahan secara daring dilakukan sampai situasi dinyatakan terkendali oleh pemerintah dan bisa kembali seperti normal baru kita bisa laksanakan perkuliahan tatap muka” jelasnya.
Saat ditanya apakah nanti tidak ada kuliah tatap muka, Yulianto menejelaskan, nanti melihat situasi kedepan, tetapi bahwa semua perkuliahan bisa dilaksanakan secara daring dan tidak ada SKS yang tidak diakui semua SKS diakui dengan mekanisme yang akan diatur secara teknis.

“kita punya Siakad itu namanya sistem informasi akademik yang dimiliki oleh semua mahasiswa, baik itu mahasiswa baru maupun mahasiswa yang sudah lama” kata Dia.
Selain itu IKIP Budi Utomo Malang dalam perkuliahan juga menggunakan sistem Paperless. Yang walaupun sebenarnya sistem ini hanya digunakan untuk kelas-kelas tertentu. Tetapi karena wabah Covid-19 yang melanda dunia saat ini, sistem pembelajaran paperless ini digunakan. Meski paperless jelasnya sudah lama diterapkan di IKIP Budi Utomo Malang.

Baca Juga :   Lima Tahun Dipasung, ODGJ ini Akhirnya Dibebas
Paperless merupakan sebuah langkah di era digital untuk mengurangi penggunaan kertas, atau tidak menggunakan kertas sama sekali serta lebih memilih untuk menggunakan file digital untuk menyimpan dokumen.

Karena itu Dia menyampaikan bagi calon mahasiswa baru atau wali mahasiswa baru, agar itu jangan khawatir untuk menguliahkan putra-putrinya di IKIP Budi Utomo Malang. Terkait dengan pembiayaan atau semacamnya bisa diberikan keringanan yaitu DPP 0%, pendaftaran awal tahun juga belum dipungut. Pembiayaannya akan dibayar pada saat semester berikutnya (2).

“Jadi di semester 2 nanti semua pembiayaan bisa dibayar kalau misal masih di kampung tapi dia menghubungi dan dia benar-benar menyatakan sebagai calon mahasiswa baru, kita bisa mengeluarkan atau menerbitkan Nomor Pokok Mahasiswa atau NPM namanya, tanpa Biaya apapun karena pembiayaannya sifatnya ditunda, nanti setelah dia ke Malang dan bisa dicicil, Jadi kami benar-benar memiliki keberpihakan terhadap mereka yang ingin kuliah di IKIP Budi Utomo Malang” tutupnya.