Pusat Studi Kawasan Indonesia Timur untuk Pendidikan dan Kebudayaan (PUSKITDIKDAYA)

(PUSKITDIKDAYA) merupakan suatu Pusat Studi di bawah naungan IKIP Budi Utomo yang bergerak di bidang pengembangan akses pengetahuan melalui penelitian, seminar, pelatihan, serta pengembangan masyarakat yang fokus pada isu-isu pendidikan dan kebudayaan di kawasan Indonesia timur.

Dalam indek nasional tahun 2007-2014, Kawasan Indonesia Timur (KIT) telah menjadi konsen berbagai pihak, mulai dari pemerintah, NGO, sampai Universitas terutama dalam rangka ikut meningkatkan dan pengembangan akses pengetahuan suatu kawasan penting di Indonesia, di mana dalam beberapa hal masih tertinggal dengan kawasan-kawasan lainnya di Indonesia, seperti di Jawa, Sumatra, Bali, dan lain lain. Tidak hanya itu kawasan Indonesia bagian Timur juga merupakan kawasan strategis yang akan menjadi agen perubahan untuk Indonesia yang lebih baik, yaitu sebuah kawasan yang terletak di wilayah Nusa tenggara Timur, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Sebagai agen perubahan,Puskitdikdaya IBU telah berkomitmen untuk ikut membangun dan mencerdaskan manusia Indonesia melalui pengayaan ruang publik keragaman yang akan diwadahi dalam sebuah Pusat studi Kawasan Indonesia Timur untuk pendidikan dan kebudayaan. Untuk itu, wadah ini akan mengembangkan program-program strategis, diantaranya penguatan mutu pendidikan di kawasan Indonesia bagian timur, pembangunan sumberdaya manusia yang berpijak pada pengetahuan lokal dan pengembangan riset-riset pendidikan dan kebudayaan yang penting di kawasan ini.

VISI 

Menjadi Lembaga terdepan dalam mendorong pembangunan, menginisiasi aksi-aksi fundamental di Kawasan Indonesia Timur, MELALUI penguatan karya karya penelitian, pelatihan, workshop, dan publikasi ilmiah, hususnya dalam bidang penguatan mutu Pendidikan, kebudayaan dan pembangunan SDM di wilayah Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, Kalimantan, Maluku, dan Papua.

MISI 

  1. Membangun dan mengembangkan akses strategis dalam mengejar ketertinggalan aspek pendidikan dan kebudayaan di kawasan Indonesia Timur
  2. Membangun dan mengembangkan asset pengetahuan lokal wilayah Indonesia  Timur khususnya pada aspek pendidikan dan kebudayaan.
  3. Meningkatkan kemitraan strategis antara pemerintah lokal dengan lembaga-lembaga pendidikan tinggi sevisi

TUJUAN

Mendorong pembangunan Kawasan Indonesia Timur melalui:

  1. Membuka akses seluas-luasnya untuk penguatan mutu pendidikan dan pembangunan SDM
  2. Penerapan penelitian-penelitian fundamental dengan penyediaan data base yang valid (secara historis dan kontekstual) untuk mengarahkan kebijakan pembangunan dan tindakan intervensi pada pendidikan dan kebudayaan.
  3. Mengindentifikasi dan memastikan penggunaan unsur pengetahuan dalam pengambangan pendidikan dan kebudayaan.